Senin, 06 Juni 2011

Tanya Jawab Tentang Avail

1. Ada apa sebetulnya dengan pembalut Avail?
Mengapa pembalut Avail begitu fenomenal?
Pembalut Avail adalah pembalut wanita yang sangat higienis yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Pembalu Avail terbuat dari kapas murni dan mengandung 17 macam herbal yang dapat membantu untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kewanitaan.
pembalut Avail begitu fenomenal dikarenakan manfaat produk yang dirasakan oleh para pengguna. Ini dibuktikan dengan banyaknya testimony atau kesaksian para pengguna yang merasakan nyaman menggunakan pembalut Avail dan banyaknya masalah-masalah kewanitaan yang terbantu setelah memakai pembalut Avail, seperti masalah yang berkaitan dengan keputihan, nyeri hai, haid tidak teratur, kista, mioma dan sebagainya.

2. Apa kelebihan pembalut avail?
Kelebihan pembalut Avail adalah:
- pembalut Avail terbuat dari kapas murni tanpa campuran bahan kimia.
- mengandung tujuh belas macam herbal yang sangat bermanfaat untuk -mencegah dan membantu mengatasi masalah kewanitaan
- dibuat dan diproses secara modern dengan bioteknologi
- sejuk dan nyaman dipakai karena mengandung kandungan herbal
- pH bersifat normal sehingga tidak mengiritasi kulit
- daya serapnya tiga kali lebih kuat dari pembalut biasa

3. Apakah yang dimaksud dengan haid?
Haid atau menstruasi adalah suatu proses fisiologis pada wanita yang dating secara berkala karena pengaruh hormone reproduksi. Pada proses haid tersebut terjadi pelepasan selaput lendir rongga rahim, yaitu lapisan endometrium yang menebal dan dikeluargan melalui vagina.

4. Apa yang dimaksud dengan nyeri haid?
Nyeri haid atau dalam bahasa medisnya disebut dysmenorrhoea (dismenore) adalah rasa nyeri yang dirasakan pada saat menjelang haid, pada waktu haid atau beberapa saat setelah haid.
nyeri ini terasa berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Ada yang merasa ringan sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi ada yang terasa berat sehingga sangat mengganggu aktivitas kerja, bahkan ada yang sampai harus beristirahat.

5. Apa penyebab nyeri haid tersebut?
Nyeri haid dibagi ke dalam dua golongan, di mana penyebabnya berbeda satu dengan lainnya:
a. Nyeri haid primer, yaitu nyeri haid tanpa adanya kelainan pada alat reproduksi dan penyebabnya tidak diketahui
b. Nyeri hai sekunder, yaitu nyeri haid dikarenakan adanya gangguan pada alat reproduksi, misalnya oleh karena endometriosis.

6. Apakah pembalut Avail dapat mengatasi nyeri haid?
Ya, pembalut Avail dapat membantu untuk mengatasi nyeri haid, baik yang primer maupun yang sekunder. Kenyataan di lapangan, banyak sekali kasus nyeri haid yang terbantu oleh pembalut Avail.

7. Apakah yang dimaksud dengan keputihan?
Keputihan adalah keadaan di mana adanya cairan yang keluar melalui vagina secara berlebihan. Cairan tersebut dapat bersifat normal atau dapat pula terjadi dikarenakan adanya gangguan oleh penyakit-penyakit tertentu.

8. Faktor apa saja yang dapat menimbulkan keputihan?
Keputihan yang kita anggap normal atau fisiologis adalah keputihan dimana cairan yang keluar melalui vagina berwarna jernih, berlendir dan tidak berbau.
Hal ini dapat dikarenakan:
– menjelang haid
– selama kehamilan
– stress
– peningkatan kadar hormon estrogen
sedangkan keputihan yang tidak normal atau patologis biasanya dikarenakan:
– infeksi karena bakteri, jamur dll
– ulkus vagina
– endometriosis
– dan lain-lain

9. Bagaimanakah cara membedakan keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur?
Biasanya jamur yang sering diderita sehingga menimbulkan keputihan adalah candida albicans, dimana keputihannya biasanya encer dan berwarna putih dan baunya agak apek dan disertai dengan rasa gatal. Sedangkan keputihan yang disebabkan kuman atau bakteri, sifat keputihannya tergantung dari jenis bakterinya. Biasanya cairan berbau busuk, dari yang baunya tidak begitu busuk sampai yang baunya sangat busuk dan kadang-kadang disertai nyeri tekan di sekitar kemaluan dan nyeri pada saat buang air kecil. Untuk membedakan keduanya dengan pasti, perlu pemeriksaan laboratorium.

10. Apakah keputihan dapat terjadi pada anak-anak dan apa penyebabnya?
Keputihan bisa terjadi pada anak-anak, bahkan pada bayi sekalipun. Hal ini biasanya berkaitan dengan masalah kebersihan yang dapat dikarenakan:
– Pada saat membersihkan kemaluan bayi, ada serpihan kapas atau tissue yang tertinggal sehingga menimbulkan iritasi pada kemaluan bayi
– Cebok yang tidak bersih pada anak yang baru belajar cebok sendiri.
– Duduk sembarangan dimana pada saat itu vagina belum menutup secara sempurna sehingga benda asing, jamur atau bakteri gampang masuk ke vagina
– Menggaruk vagina dengan tangan kotor
Disamping itu ada factor-faktor lainnya yang juga sangat berpengaruh, antara lain:
– Kulit kemaluan masih tipis sehingga mikroorganisme gampang rusak
– Bibir luar kemaluan belum berkembang dan lemaknay masih tipis sehingga kemaluan kurang terlindungi dimana hal ini mempermudah untuk terjadinya infeksi
– kemaluan belum ditumbuhi rambut yang sifatnya sebagai pelindung
– Pada bayi usia sampai 2 bulan kadar estrogen bawaan dari ibu masih tinggi.

11. Bagaimana menangani keputihan pada anak?
Yang paling penting adalah mencegah jangan sampai terjadi keputihan pada anak. Untuk hal ini yang perlu diperhatikan adalah masalah kebersihan dan cara membersihkan kemaluan pada bayi dan anak. Bila sudah terjadi keputihan maka bayi atau anak harus dibawa ke dokter untuk ditindak lanjuti.

12. Apa yang dimaksud denagn tumor dan apa bedanya dengan kanker?
Tumor adalah setiap benjolan yang didapat, kecuali benjolan karena infeksi. Tumor dibagi menjadi tumor jinak dan tumor ganas, dimana tumor ganas disebut kanker. Tumor jinak umunya tidak berbahaya kecuali apabila terjadi penekanan atau gangguan pada organ di sekitarnya, sedangkan tumor ganas sangat berbahaya dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

13. Apa yang dimaksud dengan kanker leher rahim?
Kanker leher rahim atau dikenal juga dengan nama kanker servik adalah tumor ganas yang terjadi pada leher rahim yaitu bagian rahim atau uterus yang berdekatan dengan vagina. Kanker ini biasanya mengenai mereka yang sudah berumur, tetapi dapat juga mengenai wanita pada usia muda.

14. Apakah penyebab kanker leher rahim?
Penyebab kanker leher rahim umumnya adalah Human Papiloma Virus (HVP) yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Adapun pemicu terjadinya kanker leher rahim antara lain:
– Melahirkan banyak anak
– Melakukan hubungan seksual pertama kali pada usia muda
– Sering berganti pasangan
– Sering terjadi infeksi pada alat kelamin
– Suka merokok, dll

15. Apa gejala-gejala dari kanker leher rahim?
Biasanya kanker leher rahim muncul tanpa gejala, kecuali pada stadium lanjut. Tetapi perlu diwaspadai apabila terdapat tanda-tanda di bawah ini:
– Perdarahan setelah melakukan hubungan seksual, terutama pada mereka yang telah mengalami menopause
– Adanya perdarahan di masa menstruasi
– Timbul rasa sakit setelah berhubungan seksual

16. Bagaimana penanganan kanker leher rahim?
Penanganan kanker leher rahim tergantung dari keadaan atau stadium dari kanker leher rahim tersebut. Paling baik dalam hal ini adalah pencegahan dengan cara melakukan pemeriksaan pap smear atau “pap smear test” untuk mengetahui ada tidaknya kanker leher rahim secara dini. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan dua tahun sekali secara rutin.
Apabila telah ditegakkan diagnosa kanker rahim maka tindakannya adalah operasi atau penyinaran (radioterapi) atau kombinasi keduanya.

17. Apakah yang dimaksud dengan endometriosis?
Endometriosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh karena adanya pertumbuhan jaringan endometrium diluar rongga rahim

18. Apa pula yang dimaksud dengan endometrium?
Endometrium adalah lapisan bagian dalam dari rongga uterus atau rahim. Menjelang haid atau menstruasi jaringan endometrium ini akan menebal dan penebalan ini akan dikeluarkan melalui vagina pada saat haid dan disebut sebagai darah haid

19. Apa penyebab endometriosis?
Sampai saat ini penyebab pasti terjadinya endometriosis belum diketahui. Ada beberapa teori mengenai penyebab terjadinya endometriosis, antara lain adalah:
a. Menstruasi retrograde, yaitu darah haid masuk ke dalam rongga perut melalui saluran tuba.
b. Factor genetic
c. Jaringan endometrium menyebar melalui kelenjar getah bening atau aliran darah
d. Terpapar dioksin

20. Gangguan napa yang dapat terjadi akibat endometriosis tersebut?
Gangguan yang dapat terjadi akibat endometriosis tersebut antara lain adalah:
- terjadinya infertilitas atau kemandulan
- nyeri haid
- nyeri pada saat ovulasi
- nyeri pada saat berhubungan seksual
- menstruasi yang tidak teratur
- perdarahan yang lama pada saat menstruasi
- Kadang-kadang terasa nyeri pada saat buang air kecil atau pada saat buang air besar

21. Bagaimana cara penanggulangan endometriosis tersebut?
Pada prinsipnya penanggulangan endometriosis tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu dengan memakai obat-obatan atau denagn cara pembedahan.
Dahulu digunakan obat-obatan yang mengandung hormone estrogen, tetapi kini sudah mulai ditinggalkan karena efek samping dari pemakaian estrogen tersebut. Efek samping yang paling ditakuti adalah hyperplasia endometrium yang dapat berkembang menjadi kanker rahim. Sekarang yang digunakan adalah hormone androgen.

22. Apa yang dimaksud dengan mioma uteri?
Mioma uteri adalah suatu tumor jinak yang terdapat pada otot rahim atau jaringan disekitarnya.

23. Apa penyebab timbulnya mioma uteri?
Sampai saat ini penyebab pasti timbulnya mioma uteri belum diketahui. Diduga ada hubungannya dengan hormone estrogen, karena pada penderita mioma uteri terdapat reseptor estrogen yang lebih banyak dari biasanya.

24. Apa gejala-gejala mioma uteri?
Gejala yang ditimbulkan oleh mioma uteri tergantung dari besarnya mioma uteri, lokasi dari mioma uteri serta gangguan yang ditimbulkan mioma uteri tersebut pada organ di sekitarnay. Misalnya adanya perdarahan, benjolan yang dirasakan di perut bagian bawah, gangguan buang air kecil karena penekanan kandung kemih oleh mioma uteri tersebut.

25. Apakah akibat yang dapat terjadi dikarenakan adanya mioma uteri?
Gangguan yang terjadi akibat adanya mioma uteri tergantung dari besar dan lokasi dari mioma uteri tersebut. Akibatnya antara lain adalah adanya perdarahan, gangguan karena adanya penekanan terhadap organ disekitarnya, keguguran atau abortus sampai pada kemandulan.

26. Bagaimana penanganan mioma uteri?
Bila miomanya masih kecil dan tidak menimbulkan gangguan atau keluhan maka tidak dilakukan tindakan apa-apa kecuali hanya diobservasi setiap 3 sampai 6 bulan untuk mengetahui adanya pembesaran atau tidak. Bila mioma cukup besar, melebihi besarnya rahim seperti kehamilan 12-14 minggu maka dilakukan pengangkatan dengan cara operasi. Tetapi sayangnya sering terjadi kekambuhan setelah operasi, yaitu sekitar 15 – 40% dan 2/3 nya dari mioma tersebut perlu dioperasi kembali.

27. Apa yang dimaksud dengan hamil anggur?
Hamil anggur atau dalam istilah kedokteran sering disebut mola hidatidosa adalah suatu kehamilan abnormal berupa tumor jinak akibat kegagalan pembentukan bakal janin dan terdapat pertumbuhan abnormal sel-sel di bagian luar yang mengandung banyak cairan yang mirip buah anggur.

28. Apa yang dapat menimbulkan terjadinya hamil anggur?
Sampai saat ini penyebab pasti dari hamil anggur belum diketahui. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa hamil anggur tersebut dapat dikarenakan kerusakan sel telur oleh karena gizi buruk yaitu kekurangn protein atau karena factor infeksi atau karena adanya gangguan peredaran darah di rahim.

29. Apa gejala-gejala dari hamil anggur?
Gejala-gejala hamil anggur hamper sama dengan gejala kehamilan biasa, yaitu tidak haid, mual-mual, muntah dan sebagainya. Hanya keluhannya biasanya lebih hebat dari kehamilan biasa.
Disamping itu perbedaannya dengan kehamilan biasa antara lain:
- Adanya perdarahan disertai dengan keluarnya gelembung-gelembung yang mirip buah anggur
- Besarnya kehamilan tidak sesuai dengan usia kehamilan dimana besarnya kehamilan lebih besar dari usia kehamilan
- Tidak ada tanda-tanda pergerakan janin

30. Apakah hamil anggur berbahaya atau tidak?
Hamil anggur adalah salah satu penyebab kematian pada ibu hamil dikarenakan:
- perdarahan
- perforasi karena gelembung menembus dinding rahim
- infeksi, sepsis
- menjadi ganas (Choriocarcinoma)

31. Apakah tindakan terhadap hamil anggur?
Karena hamil angngur merupakan ancamanbahaya kematian ibu, maka kehamilan anggur harus segera diakhiri. Pada wanita usia subur yang masih menginginkan anak maka dilakukan tindakan denagn cara kuret yang dilanjutkan denagn pengawasan terhadap timbulnya choriocarcinoma. Pada wanita usia lanjut atau pada wanita yang sudah tidak menginginkan untuk mempunyai anak lagi maka dilakukan pengangkatan rahim atau histerektomi.

32. Apa yang dimaksud dengan kanker rahim dan apa pula bedanya denagn kanker leher rahim?
Kanker rahim adalah kanker yang mengenai lapisan endometrim didalam rongga rahim yang biasanya mengenai wanita wanita yang telah mengalami menopause dengan usia sekitar 50 – 60 tahun, sedangkan kanker leher rahim adalah kanker yang mengenai leher rahim yaitu bagian dari rahim yang dekat dengan vagiana.

33. Apa penyebab kanker rahim?
Sampai saat ini penyebab pasti kanker rahim belum diketahui, kemungkinan karena adanya peningkatan kadar hormone estrogen.

34. Apakah gejala-gejala dari kanker rahim?
Gejala kanker rahim antara lain adalah:
- perdarahan rahim ayng abnormal, ayitu perdarahan yang berat, lama dan sering terjadi dan ini biasanya terjadi pada usia diatas 40 tahun
- siklus menstruasi yang abnormal
- perdarahan diantara 2 siklus menstruasi
- perdarahan per vagina atau spotting pada wanita yang sudah menopause
- nyeri ketika melakukan hubungan seksual
- dan lain-lain

35. Bagaimana cara penanganan kanker rahim?
Penanganan kanker rahim adalah denagn cara:
- pembedahan atau operasi
- penyinaran atau radiasi
- terapi hormonal

36. Apakah yang dimaksud dengan kista ovarium?
Kista ovarium atau kista indung telur adalah suatu keadaan dimana terdapat pengumpulan cairan pada indung telur yang dibungkus oleh selaput yang terbentuk dari bagian terluar indung telur

37. Apakah penyebab dari kista ovarium?
Kista ovarium terbentuk dari berbagai macam sebab dan inilah yang akan menentukan tipe dari kista ovarium tersebut. Salah satu kista ovarium yang paling sering ditemukan adalah tipe folikuler. Kista ini terbentuk karena pada saat menstruasi, dimana folikel ini seharusnya merupakan suatu rongga yang akan terbuka untuk mengeluarkan sel telur, rongga tersebut tidak membuka sehingga terjadi suatu bendungan yang berakibat menjadi kista.

38. Apakah gejala-gejala yang dapat ditimbulkan oleh kista ovarium?
Biasanya kista ovarium tidak menimbulkan gejala dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada saat pemeriksaan.
Gejala yang timbul biasanya berupa nyeri pada perut bagian bawah dan pinggul dikarenakan:
- kista yang besar sehingga menekan jaringan di sekitarnya
- tangkai dari kista yang terpuntir sehingga mengakibatkan tidak adanya aliran darah dan oksigenisasi
- dinding kista yang pecah

39. bagaimana penanganan kista ovarium?
Bila kista berukuran kecil, tidak dilakukan tindakan apa-apa dan hanya perlu pengawasan atau observas. Bila kista tersebut membesar dan menimbulkan keluhan maka perlu dilakukan pengangkatan kista tersebut. Disamping itu perlu juga pemeriksaan untuk mengetahui apakah kista tersebut berkembang menjadi kanker, terutama untuk wanita yang berumur di atas 40 tahun.

40. Apakah yang dimaksud dengan kanker ovarium?
Kanker ovarium adalah kanker atau tumor ganas yang menyerang ovarium atau indung telur. Kanker ini merupakan kanker yang menyebabkan kematian tertinggi pada wanita dan disebut sebagai “the silent lady killer” karena sifat kanker ini yang sulit dideteksi pada stadium dini

41. Apakah penyebab kanker ovarium?
Sampai saat ini penyebab pasti kanker ovarium belum diketahui. Diperkirakan kanker ovarium erat kaitannya dengan wanita yang mempunyai tingkat kesuburan yang rendah. Di samping itu ada beberapa factor resiko yang penting yang berkaitan dengan kanker ovarium, antara lain adalah adanya riwayat keluarga yang terkena kanker ovarium, kanker payudara atau kanker usus besar (kanker kolon), wanita yang melahirkan pertama kali pada usia di atas 35 tahun

42. Apakah gejala-gejala kanker ovarium?
Pada stadium awal biasanya kanker ovarium tidak menimbulkan gejala. Biasanya gejala yang ditimbulkan tidak spesifik, seperti gangguan haid atau gangguan yang berkaitan dengan penekanan organ atau jaringan di sekitarnya. Pada stadium lanjut gejala biasanya dapat berupa pembesaran perut karena adanya penumpukan cairan di dalam rongga perut. Perut berasa begah, mual, kembung, dsb.

43. Bagaimana penanganan kanker ovarium?
Penanganan kanker ovarium tergantung dari stadiumnya. Pada stadium dini atau stadium awal dilakukan tindakan pembedahan atau operasi yang dilanjutkan denagn pengobatan, sedangkan pada stadium lanjut biasanya dilakukan kemoterapi.

44. Apakah yang dimaksud dengan Fibroadenoma Mammae (FAM)?
Fibroadenoma mammae adalah suatu tumor jinak yang mengenai payudara, yang biasanya berbatas jelas, tunggal dan mudah digerakkan dari dasarnya.

45. Ada berapa jenis tumor jinak payudara?
Sebenarnya tumor jinak payudara ada beberapa jenis, antara lain adalah kista sederhana, papiloma yaitu tumor jinak yang tumbuh di saluran susu, dll. Tetapi jenis tumor jinak payudara yang paling sering ditemukan adalah fibroadenoma mammae.

46. Bagaimana penanganan fibroadenoma mammae?
Bila tumornya masih kecil cukup diobservasi saja, tetapi bila ukurab tumor mencapai 3 cm dan bertambah besar, maka sebaiknya diangkat. Pada wanita dengan usia diatas 40 tahun sebaiknya tumornya diangkat.

47. Apa yang dimaksud dengan tumor payudara?
Kanker payudar adalah kanker ganas yang menyerang jaringan payudara. Kanker payudara ini tidak hanya menyerang wanita, tetapi juga dapat mengenai laki-laki walaupun prosentasinya pada laki-laki sangat kecil.

48. Apa penyebab terjadinya kanker payudara?
Sampai saat ini penyebab pasti kanker payudara belum diketahui, tetapi ada beberapa factor resiko sehingga seseorang akan lebih mudah untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai factor resiko.

49. Apa saja factor resiko untuk terjadinya kanker payudara?
Factor resiko untuk terjadinya kanker payudara antara lain:
- usia
biasanya terjadi setelah menopause
- riwayat keluarga atau factor genetic
pada wanita dengan riwayat keluarganya ada yang menderita kanker payudara, wanita tersebut mempunyai kecenderungan tiga kali lebih besar untuk menderita kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai factor resiko ini.
- Obesitas pasca menopause
- Terapi sulih hormone (estrogen)
- Pemakaian DES (dietilstilbestrol) yang gunanya untuk mencegah terjadinya keguguran
- Alcohol
Konsumen alcohol lebih dari 1 – 2 gelas per hari dapat meningkatkan resiko untuk terjadinya kanker payudara
- Bahan kimia
Bahan kimia yang mirip estrogen yang terdapat pada pestisida atau bahan kimia lainnya yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara
- Dan lain-lain

50. Apa tanda-tanda atau gejala dari kanker payudara?
Tanda-tanda atau gejala dari kanker payudara antara lain adalah:
- benjolan pada payudara
benjolan ini biasanya dengan tepi tidak teratur, tidak nyeri, makin lama makin besar dan melekat pada dasarny
- keluar cairan melalui putting susu yang biasanya berdarah atau bernanah
- putting susu tertarik ke dalam
- pada stadium lanjut benjolan membengkak dan pecah sehingga terjadi borok pada payudara. Kulit diatas benjolan mengkerut seperti kulit jeruk

51. Bagaimana penanganan kanker payudara?
Penanganan kanker payudara adalah:
- pembedahan atau operasi
- penyinaran atau radiasi
- kemoterapi
- obat-obatan penghambat hormon

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More